Bimbingan Konseling

Perkembangan program pendidikan karakter dan peminatan peserta didik menjadi bagian penting dan terintegrasi dalam suatu tataran lembaga pendidikan. Bimbingan dan konseling memegang peranan penting dalam proses penanaman karakter dan pengoptimalan potensi peserta didik baik dalam proses perkembangan diri maupun peminatan dalam lingkup pendidkan formal. Bimbingan dan Konseling yang berada dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UNUGIRI) memberikan kesempatan pada lulusan SMA, MA dan SMK sederajat untuk memperdalam keilmuan Bimbingan dan Konseling dalam proses pemahaman individu, penggunaan instrumen asesmen baik tes maupun non tes serta pendalaman perkembangan individu dalam 4 bidang utama yakni pribadi, sosial, belajar dan karir. Lulusan akan mendapatkan gelar sarjana pendidikan (S.Pd.) setelah menempuh minimum 146 sks yang diselesaikan dalam kurun waktu 8 semester (4 tahun).

Visi Prodi Bimbingan dan Konseling :

Pada tahun 2022 menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial dalam pelayanan Bimbingan Konseling berbasis iptek, riset dan Aswaja dalam skala provinsi.

Misi Prodi Bimbingan dan Konseling :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik yang mampu menghasilkan lulusan Sarjana Bimbingan konseling yang memiliki kompetensi pedagodik, kepribadian, sosial dan menanamkan nilai-nilai Aswaja.
  2. Mengembangkan disiplin ilmu Bimbingan konseling melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membina dan mewadahi kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi pada peningkatan budaya berprestasi, dalam kegiatan akademik dan berorganisasi.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga atau organisasi terkait dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di bidang kependidikan.

 Tujuan Prodi Bimbingan dan Konseling :

  1. Terwujud pendidikan tinggi lulusan Strata-1 sebagai tenaga pendidik guru Bimbingan konseling yang memiliki kompetensi, pedagogik, kepribadian, sosial dan menanamkan nilai-nilai Aswaja
  2. Terwujud penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat  yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan praktik dan layanan bimbingan konseling maupun keilmuannya itu sendiri, serta memiliki daya publikasi yang bersifat luas di tingkat regional, nasional, maupun internasional
  3. Terwujud mahasiswa yang peduli terhadap keberhasilan akademiknya dan menunjukkan kontribusi nyata terhadap peningkatan prestasi kemahasiswaan serta kegiatan keorganisasian kampus.
  4. Terwujud jejaring kerjasama dengan lembaga atau organisasi pemerintah atau non-pemerintah untuk pemantapan kinerja program studi, peningkatan kualitas dan akseptabilitas lulusan yang multiskill (penguasaan teknologi dan wawasan multicultural)

Kompetensi Lulusan :

Program studi S1 Bimbingan dan Konseling mempelajari dasar pemahaman individu dalam konsep psikologi umum, kepribadian, pendidikan dan sosial. Kemampuan lanjutan yang diberikan pada mahasiswa meliputi proses asesmen pemahaman individu menggunakan instrumen non tes secara lengkap dan beberapa konsep tes yang masih dalam wewenang seorang guru BK. Dasar kemampuan penguasaan pada bidang pengembangan pribadi, sosial belajar dan karir dalam konsep bimbingan dan konseling sebagai modal utama guru BK dalam memberikan pelayanan pada siswa dalam dunia kerja diberikan sebagai program wajib seluruh mahasiswa.

Kesempatan Karir :

Program studi S1 Bimbingan dan Konseling dapat memberikan kesempatan karir baik dalam bidang pendidikan dengan menjadi Guru BK/Konselor Sekolah, dan Networking dengan beberapa instansi lainnya seperti Bank, BNN, BKKBN, Kemenkumham, Dinas Sosial. Selain itu juga bisa membuka peluang usaha mandiri seperti LSM dan Lembaga Tes. Ada peluang yang besar untuk melanjutkan Study S2 baik di dalam Negeri maupun di Luar Negeri.

KONTAK:

Handphone: +62 813-8387-4227

email: bk.fkip@unugiri.ac.id

FB: Bimbingan Dan Konseling Unugiri