Teknik Informatika

Dalam dekade terakhir ini, perkembangan Teknologi Informasi berlangsung sangat pesat. Teknik Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memicu inovasi berbagai teknologi baru. Program Teknik Informatika di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (FST UNUGIRI) memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Informatika pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga muda yang kompeten dan profesional di bidang Teknologi Informasi. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Komputer (S.Kom) setelah memperoleh minimum 144 SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun.

VISI:

Sejalan dengan visi UNUGIRI yaitu menjadi universitas unggul di tingkat internasional berbasis keislaman, keilmuan, dan kebangsaan berlandaskan paham ahlussunnah wal jamaah, maka visi program studi Teknik Informatika adalah menjadi inovator bidang informatika berbasis keislaman yang unggul dengan reputasi internasional di tahun 2025.

MISI:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis kompetensi bidang informatika.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif, bermutu, dan aplikatif.
  3. Menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri.

KOMPETENSI LULUSAN:

Program studi S1 Teknik Informatika mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data maupun informasi dengan memanfaatkan teknologi komputer. Kuliah-kuliah dasar membekali mahasiswa dengan pemahaman dasar teori mengenai komputasi, penguatan logika matematika, dan kemampuan teknis pengembangan perangkat lunak. Pada kuliah-kuliah tingkat atas, mahasiswa dapat memilih untuk mendalami berbagai topik yang sedang naik daun seperti kecerdasan buatan, data mining, big data, pengolahan citra digital, animasi komputer dan pemodelan 3D, serta topik-topik menarik lainnya.

PROFIL LULUSAN:

Para lulusan S1 Teknik Informatika FST UNUGIRI dijamin memperoleh pekerjaan di kalangan industri sebagai tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi. Lulusan S1 Teknik Informatika juga berkemampuan untuk menjadi technopreneur dengan membuka perusahaan sendiri yang bergerak dalam bidang perangkat lunak (software house). Selain itu terbuka kesempatan besar meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3) ke universitas di dalam maupun luar negeri.

KESEMPATAN BERKARIR:

Beberapa posisi yang ditempati lulusan S1 Teknik Informatika FST UNUGIRI antara lain: IT consultant, programmer, software engineer, web engineer, system analyst, game developer, network administrator, IT academician.

KONTAK:

Handphone: +62 812-3122-708

email: unugiri.informatika@gmail.com

Leave a Reply