Pendidikan Matematika

  • Profil

Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro berada di bawah naungan/koordinasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Matematika diselenggarakan dengan tujuan membentuk dan mencetak tenaga pendidik, peneliti, entrepreneur pendidikan, dan penulis yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, menguasai ilmu matematika, menguasai metodologi pembelajaran matematika, berwawasan luas dan memiliki integritas tinggi dalam dunia pendidikan, serta mampu mengintegrasikan permasalahan matematika dengan ajaran dan nilai-nilai keislaman.

Definisi Operasional :

  1. Pendidik Matematika : orang yang melakukan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik di bidang matematika (http://kbbi.web.id/didik).
  2. Peneliti Matematika : orang yang membantu melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum (http://kbbi.web.id/teliti).
  3. Entrepreneur Pendidikan/Edupreneur : someone who organizes a business in education and assumes the risk for it.
  4. Penulis Matematika : orang yang melahirkan pikiran atau perasaan melalui tulisan dalam bidang matematika (http://kamus.sabda.org/kamus/tulis/).

Dalam program studi ini, mahasiswa belajar mengenai dasar-dasar matematika, mulai dari aljabar, kalkulus, geometri, statistika, serta dasar-dasar fisika. Selain itu diajarkan juga bagaimana cara mengajar yang baik serta pengetahuan tentang peraturan, kebijakan, dan perkembangan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah saat ini. Program studi ini juga melatih mahasiswa supaya mampu mengelola kelas dengan baik, mampu menguasai materi dan menciptakan inovasi pembelajaran sehingga peserta didik tertarik dalam proses pembelajaran, serta pembekalan berbagai ilmu supaya menjadi guru matematika yang kreatif, aktif, serta inovatif. Mahasiswa juga diperkenalkan tentang penerapan ilmu matematika dalam bidang Pemodelan, Komputasi, Industri, Analisis, dan Aljabar. Mahasiwa juga dibekali dengan keterampilan mengoperasikan program-program komputer yang bermanfaat dalam bidang pembelajaran matematika.

  • Visi
    Unggul dalam kecerdasan dan kependidikan matematika berbasis integrasi ilmu dengan Islam, berdaya saing di tingkat internasional, berbudi pekerti luhur, serta berbudaya berdasarkan iman dan taqwa ala Ahlussunnah wal jamaah.
  • Misi
    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika untuk menghasilkan tenaga pendidik yang berdaya saing di tingkat internasional.
    2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan dan matematika berbasis integrasi ilmu dengan Islam, untuk dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional.
    3. Menyelenggarakan pengabdian di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika untuk menyelesaikan problematika yang dialami oleh masyarakat.
    4. Menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berwawasan matematika, terampil, berbudi pekerti luhur, dan berbudaya berdasarkan iman dan taqwa ala Ahlussunnah wal jamaah.
    1. Menjalin komunikasi dan kerjasama secara berkelanjutan dengan stakeholders dan berbagai lembaga pendidikan, pelatihan, pemerintah, serta instansi dari dalam dan luar negeri untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika.

Bidang Minat
Mahasiswa Pendidikan Matematika dapat memilih Bidang Minat yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan, dengan mengambil mata kuliah – mata kuliah pendukung / pilihan yang telah ditetapkan mulai Semester 5. Bidang Minat yang dipilih akan menjadi landasan ilmu dalam pengambilan topik Skripsi dan Dosen Pembimbing pada akhir studi. Bidang Minat yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

Bidang Minat Utama

Pendidikan Matematika : Mengkaji permasalahan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.

Bidang Minat Alternatif

  1. Aljabar : Pengembangan teori dan aplikasi bidang aljabar abstrak dan invers matriks.
  2. Analisis : Pengkajian matematika secara teoritis pada berbagai ruang (space) atas sistem bilangan real dan sistem bilangan kompleks.
  3. Terapan (Pemodelan dan Komputasi) : Pemodelan permasalahan matematika dalam bidang teknik, pertanian, kedokteran, kelautan, dan komunikasi.
  4. Terapan (Industri dan Riset Operasi) : Penerapan model matematika pada bidang-bidang transportasi, pariwisata, asuransi, keuangan, dan kependudukan.Kompetensi Lulusan
  1. Terampil melakukan pembelajaran matematika, serta mengevaluasi dan menganalisis kegiatan pembelajaran.
  2. Menguasai materi pembelajaran matematika dalam menunjang kegiatan pembelajaran, penelitian, dan kegiatan di forum ilmiah.
  3. Mampu membuat, menggunakan, dan mengembangkan media peraga matematika.
  4. Menguasai program komputer dalam bidang matematika dan statistika.
  5. Mampu mengaplikasikan teori dalam matematika, berfikir logis, kritis, dan sistematis untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Mampu mengintegrasikan permasalahan matematika dengan ajaran dan nilai-nilai keislaman.
  7. Mampu mengaplikasikan konsep matematika dan ilmu pendidikan dalam mendorong penciptaan lapangan kerja.Prospek Lulusan
    Prospek utama lulusan S1 Pendidikan Matematika adalah sarjana pendidik matematika di:
  • Lembaga formal : Guru Matematika di MI (SD) / MTs (SMP) / MA (SMA) / SMK, Dosen Matematika/Teknik (setelah menempuh S2).
  • Lembaga non-formal : Pengajar di lembaga pendidikan matematika/bimbingan belajar, les privat, dan juga penulis buku matematika dan buku pembelajaran matematika.Selain dalam bidang pendidikan, dapat juga berkarir di : Perbankan, Perusahaan (baik milik negara maupun swasta), Badan Pemeriksa Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pusat Statistik, dan lain sebagainya.

KONTAK

Handphone: +62 812-3526-8282

email: pmtk.unugiri.bjn@gmail.com

FB: Pendidikan Matematika UNUGIRI

IG/Twitter: @pmtk_unugiri

Leave a Reply