Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Visi Prodi :
Unggul dalam mutu dan terdepan dalam menghasilkan lulusan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang profesional berwawasan global berlandaskan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, bersikap kritis dan inovatif, kompetitif di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Misi Prodi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang keguruan pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang akuntabel dan berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan dan keolahragaan yang akuntabel dan berkualitas.
  3. Menyelenggarakan   pengabdian kepada masyarakat yang akuntabel dan berkualitas berbasis pendidikan dan atau ilmu olahraga.
  4. Mengembangkan kerjasama (networking), dan kemitraan dengan user, profesi dan stakeholder dalam meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan yang efektif, kreatif, inovatif, dan kontekstual.
  6. Menyelenggarakan aktivitas pendukung untuk ke pengembangan softskill dan kemampuan bahasa inggris.

Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akdemik yang dilakukan dengan analisis SWOT (Strengths, weaknes, oportuities, dan threats) dan asosiasi profesi, pihak stakeholder dan masyarakat (wali mahasiswa). Sehingga lulusan prodi PJKR diharapkan akan menjadi::

  1. Guru pendidikan jasmani yang professional di lingkungan satuan pendidikan dasar dan menengah.
  2. Pelatih/Instruktur di berbagai cabang olahraga dan rekreasi.
  3. Peneliti pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga.
  4. Wirausahawan/interpreneursip dalam bidang keolahragaan.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

  • Keterampilan Umum KKNIUraian deskripsi umum yang harus ada pada semua tingkatan dalam KKNI adalah sebagai berikut:
  • Terdapat sejumlah sejumlah deskripsi generik dari kualifikasi yang harus dicapai oleh lulusan Strata 1 seperti yang tertuang pada Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang terdiri dari deskripsi kompetensi yang harus dimiliki oleh semua level dan deskripsi kompetensi yang terkait dengan level/jenjang pendidikan yang disandang oleh lulusan strata 1.
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya,
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air sertamendukung perdamaian dunia,
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya,
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain,
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  • Kualfikasi Lulusan Prodi PJKR
    Lulusan Strata 1 dalam perspektif KKNI berada pada level 6 yang diharapkan mencapai kualifikasi sebagai berikut:
  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (Knowledge-Skills) – Kemampuan bidang kerja
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (Knowledge-Skills) – Pengetahuan yang dikuasai.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (Knowledge, Skills, Attitude)–Kemampuan manajerial
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (Attitude) – Kemampuan manajerial.

KONTAK:

Handphone: +62 857-8488-3321

Leave a Reply