Farmasi


A. PROFIL
Program Studi S1 Farmasi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro berada di bawah naungan/koordinasi Fakultas Kesehatan. Program studi Farmasi UNUGIRI memberi bekal kepada Mahasiswa berupa kemampuan untuk menjalankan peran farmasis sesuai tuntutan WHO (World Health Organization) / FIP (Federation International Pharmaceutical) dalam The Seven Star Plus of Pharmacist (care giver, decision maker, communicator, leader, manager, life-long learner, teacher, and researcher, entrepreneur). Program studi Farmasi dibentuk dengan tujuan utama untuk mempersiapkan lulusan sarjana yang dapat mengembangkan dirinya pada jenjang pendidikan profesi atau pada jenjang pendidikan akademik lanjut, atau dapat bekerja di bidang kefarmasian.
Sistem Pendidikan di Program Studi Farmasi UNUGIRI menganut sistem pendidikan nasional yang meliputi sistem Satuan Kredit Semester (SKS). Untuk menjadi sarjana Farmasi UNUGIRI seorang mahasiswa harus menyelesaikan minimal 154 SKS dalam masa kuliah S1. Kurikulum Pendidikan di Program Studi Farmasi UNUGIRI mengacu pada SK Menteri Pendidikan Nasional No. 045 Tahun 2002 dan kurikulum inti pendidikan farmasi dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI).
Presentase materi pembelajaran di Program Studi Farmasi UNUGIRI terdiri dari teori (75-80%) dan praktikum (20-25%). Kegiatan praktikum tidak hanya dilakukan di laboratorium yang ada di lingkungan UNUGIRI, tetapi juga pada industri, rumah sakit, apotek serta institusi lain yang relevan yang diwujudkan dalam kegiatan magang.
Dalam Prodi Farmasi UNUGIRI, Mahasiswa belajar sesuai 8 area kompetensi yang dibutuhkan oleh lulusan Sarjana Farmasi antara lain kompetensi Area Optimalisasi Keamanan Penggunaan Obat; Pelayanan Sediaan Obat; Pembuatan Dan Pendistribusian Sediaan Obat; Pelayanan Informasi Obat Dan Pengobatan; Komunikasi Dan Kolaborasi Interpersonal; Kepemimpinan Dan Manajemen; Praktik Profesional, Legal Dan Etik; serta area kompetensi Penguasaan Ilmu, Kemampuan Riset, dan Pengembangan Diri.

B. VISI
Menjadi Program Studi Farmasi terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kefarmasian pada pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dengan berdasar nilai islam berwawasan global.

C. MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam bidang farmasi.
2. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan suasana akademik sehingga dapat mengembangkan kemampuan, ketrampilan dan sikap belajar sepanjang hayat.
3. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan islami sehingga mampu beruswah hasanah dalam konteks kefarmasian.
4. Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian dan kelembagaan dengan berbagai pihak.

D. BIDANG MINAT
Mahasiswa Farmasi dapat memilih Bidang Minat yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan, dengan mengambil mata kuliah – mata kuliah pendukung /pilihan yang telah ditetapkan mulai Semester 5. Bidang Minat yang dipilih akan menjadi landasan ilmu dalam pengambilan topik Skripsi dan Dosen Pembimbing pada akhir studi. Bidang Minat yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
1. Bidang Minat Farmasi Klinis-Komunitas
2. Bidang Minat Farmasi Sains-Industri

E. KOMPETENSI LULUSAN
1. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dalam ilmu kefarmasian.
2. Mampu serta terampil dalam menangani pengembangan dan penjaminan mutu sediaan farmasi.
3. Mampu untuk mendukung pelayanan kefarmasian yang berkualitas sesuai peraturan perundang-undangan dan etika kefarmasian.
4. Mampu untuk melakukan penelusuran, pengkajian, dan penyampaian informasi obat.
5. Memiliki karakter unggul untuk berperan sebagai pemberi layanan, pengambil keputusan, komunikator, pemimpin, manajer, pembelajar sepanjang hayat, pendidik, peneliti, serta wirausahawan.

F. PROSPEK LULUSAN
Dilengkapi dengan kemampuan untuk menjalankan peran farmasis sesuai tuntutan WHO/FIP dalam The Seven Star Plus of Pharmacist (care giver, decision maker, communicator, leader, manager, life-long learner, teacher, and researcher, entrepreneur), lulusan Fakultas Farmasi Unugiri siap untuk mengembangkan karir di berbagai area kerja:
1. Apotek
2. Pedagang Besar Farmasi (PBF)
3. RS
4. Industri Farmasi (obat, obat tradisional, kosmetik, mamin, kimia) sebagai :
a. Bagian penelitian dan pengembangan obat
b. Bagian produksi obat
c. Bagian Quality Control (QC)
d. Bagian penjualan (sales) dan pemasaran (marketing) obat.
5. Instansi pemerintahan
6. Departemen Kesehatan (Depkes), Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM)
a. Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas|) sebagai dosen bidang farmasi
b. TNI / Polri apoteker bisa bekerja di:
c. Bagian administrasi pelayanan obat pada instansi pemerintah/TNI/Polri
7. Peneliti
8. Di klinik pemeriksaan
9. Wirausaha

KONTAK

Handphone: +62 813-3009-9539

email: farmasi.unugiri@gmail.com

FB: Farmasi Unugiri

Leave a Reply